Piwara

Pusat Informasi dan Warta Pramuka Kwartir Cabang Kota Semarang

Sambutan Ka Kwarcab.(Pembukaan KMD IKIP PGRI Semarang)

SAMBUTAN DAN PENGARAHAN
KETUA KWARTIR CABANG
KOTA SEMARANG
PADA
PELANTIKAN DEWAN KERJA CABANG DAN PENGURUS UNIT BANTU PERTOLONGAN PRAMUKA (SAR PRAMUKA UBALOKA)
MASA BAKTI 2007 – 2009
SERTA RAPAT KOORDINASI KWARTIR RANTING DAN PIMPINAN SAKA SE KWARTIR CABANG
KOTA SEMARANG

Assalamu’alaikumn Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam sejahtera bagi kita sekalian,
Salam Pramuka!

Yang kami hormati
Kakak-Kakak Andalan Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting.
Kakak-Kakak Pimpinan Satuan Karya se Kota Semarang.
Adik-Adik anggota Dewan Kerja Cabang dan Dewan Kerja Ranting yang saya banggakan
Segenap tamu undangan yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita sekalian sehingga kita dapat bersama-sama pada hari ini untuk melaksanakan pengukuhan Pengurus Dewan Kerja Cabang dan Unit Bantu Pertolongan Pramuka Kwartir Cabang Kota Semarang, serta dalam rangka Rapat Koordinasi antar Kwartir Ranting dan Para Pimpinan Satuan Karya Se Kota Semarang.

Pada kesempatan ini kami sampaikan ucapan terima kasih dengan kehadiran Kakak Kakak dan adik adik dalam mengikuti pertemuan pagi ini, yang menunjukkan komitmen kita kepada Gerakan Pramuka agar lebih dinamis dan profesional dalam menyelenggarakan pendidikan kepramukaan di Kota Semarang, sebagaimana harapan kita bersama di tahun 2007 ini, untuk mulai bergerak dalam upaya melakukan Revitalisasi Gerakan Pramuka di Wilayah Kwartir Cabang, sebagaimana telah dicanangkannya Revitalisasi Gerakan Pramuka oleh Bapak Presiden yang baru lalu.

Kakak Kakak Andalan, Para Pimpinan Saka dan Adik adik yang berbahagia,
Baru saja kita saksikan bersama Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Dewan Kerja Cabang sekaligus Pengurus Ubaloka Kwartir Cabang Kota Semarang. Untuk itu kami ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Adik adik Dewan Kerja Cabang masa bakti tahun yang lalu yang telah memdarma baktikan di lingkungan Kwartir Cabang Kota Semarang. Lepas dari itu diharapkan tetap aktif dan mengabdikan diri di lingkungan Gerakan Pramuka.
Dengan berbekal Ketrampilan, pengetahuan dan pengalamannya yang telah dimiliki selanjutnya dapat dikembangkan bagi adik adiknya di gugus depan. baik sebagai instruktur atau pembina maupun sebagai andalan di Kwartir Ranting. Regenerasi kepemimpinan di Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting harus terus berjalan dan tidak boleh terputus, ini merupakan sebuah tekad, bahwa kita memiliki pandangan ke depan agar Gerakan Pramuka semakin handal dan profesional dalam setiap penyelenggaraan kegiatan pendidikan kepramukaan khusunya menejemen pengelolaan Kwartir.
Selanjutnya Kepada Adik adik Pengurus DKC dan Pengurus Ubaloka. Diharapkan mampu menyusun dan menjalankan program kegiatan sesuai dengan aspirasi Penegak dan Pandega yang selalu mengikuti dan menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi, serta perkembangan jaman yang semakin maju pesat.
Sebaliknya, malah akan ditinggalkan para remaja atau para anggota dewasa muda apabila kita hanya tetap monoton dalam penyelenggaraan kegiatan kepramukaan , kurang menarik dan tidak mampu menyesuiakan perkembangan yang terjadi saat ini.

Kemudian pada tahun 2007 ini, kita akan menambah jumlah kekuatan personil untuk Unit Bantu Pertolongan Pramuka, dengan menyelenggarakan Gladi Tangguh dimana kehadiran SAR Pramuka Ubaloka diharapkan menjadi bagian kegiatan Pramuka Peduli dan bermanfaat bagi masyarakat, apalagi pada akhir akhir ini di wilayah kita sering terjadi bencana alam, yang tentu saja membutuhkan kehadiran Anggota Pramuka di tengah tengah mereka, paling tidak meringankan beban penderitaan bagi yang terkena bencana.

Kakak Kakak Andalan, Para Pimpinan Saka dan Adik adik yang kami banggakan,

Dalam pertemuam Rapat koordinasi ini, tentu memiliki tujuan antara lain menyelaraskan dan mengkoordinasikan langkah langkah kegiatan yang akan kita selenggarakan baik pada bulan ini maupun mendatang. Hal ini sangat penting guna menyamakan persepsi agar tujuan kegiatan khususnya kepramukaan tepat sasaran dan berhasil guna. Pada Bulan Pebruari 2007 ini, banyak kegiatan yang kita laksanakan yakni Pesta Siaga di setiap Kwartir Rating dan Kwartir Cabang, Baden Powel day dengan fokus kegiatan penghijauan, donor darah dan Sunatan massal bagi warga kurang mampu, yang direncanakan kegiatan ini akan dipusatkan di Kecamatan Tembalang. Gerakan Penghijauan ini merupakan salah satu bentuk peran serta Gerakan Pramuka khususnya Kwartir Cabang Kota Semarang dalam ambil bagian menuju Semarang Pesona Asia (SPA),
Untuk itu kwartir ranting diharapkan melaksanakan kegiatan tersebut dengan menyesuaikan situasi ,kondisi dan kebutuhan di wilayahnya masing masing.
Sedangkan Kwartir Cabang Kota Semarang pada bulan ini masih memiliki agenda lainya berupa Pelatihan Jurnalistik bagi Andalan Kwarcab dan Kwarran serta Penegak Pandega. Hal ini guna mendukung SDM dan meningkatkan ketrampilan dengan telah diluncurkannya Media Website Internet dan Media Cetak berupa Buletin. Media ini merupakan upaya Kwartir Cabang Kota Semarang dalam memberikan pelayanan baik berupa informasi, komunikasi dan pendidikan yang dibutuhkan para anggota pramuka khususnya di Gugus Depan se Kota Semarang.
Kemudian beban tugas yang harus dilaksanakan minggu depan bagi Lembaga Pendidikan Kader Kwartir cabang adalah menyelenggarakan Kursus Mahir tingkat Dasar ( KMD) yang akan di ikuti lebih dari 1.100 calon pembina, sedangkan pada awal bulan ini, baru saja kita mencetak Pembina baru sebanyak 391 orang.
Merupakan suatu jumlah yang tidak sedikit, dan beban tanggung jawab yang harus dipikul Kwartir Cabang. disamping harus tetap dapat meningkatkan kwalitas dan profesionalisme para Pelatih.
Untuk itu pembekalan ekstra bagi para Pelatih melalui Achievement Motivation Training ( AMT ) pada bulan Januari 2007 lalu, mampu memberikan tambahan pengetahuan dan ketrampilan bagi para Pelatih di Lemdikacab. Kota Semarang dan selanjutnya pertemuan rutin sebagai wadah ajang diskusi dan komunikasi antar pelatih tetap dilaksanakan sebagaimana mestinya. Agar metode pembelajaran dan pelatihan yang diterapkan selalu menarik, dinamis dan tidak ketinggalan jaman.

Kakak Kakak Andalan, Para Pimpinan Saka dan Adik adik yang kami hormati,

Keradaan Satuan Karya sebagai wadah pembinaan anggota pramuka dalam rangka memberikan bekal sesuai dengan minat dan bakat serta pengalaman, saat ini menunjukan peningkatan prestasi yang menggembirakan, di tiap event kejuaraan yang di ikuti selalu mendapatkan penghargaan. Hal ini harus tetap dipertahankan, disamping menjadi motivasi bagi Satuan Karya lainnya yang mulai kurang aktif salah satunya disebabkan kekurangan anggota.
Keanggotaan Satuan Karya saat ini lebih banyak di ikuti oleh Penegak dan Pandega. Untuk periode mendatang agar diberikan kesempatan bagi para anggota Penggalang lainnya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Hal tersebut sangat trategis dalam membekali pengalaman dan ketrampilan di saat usia menjelang remaja, mempersiapkan kader kader pembangunan lebih dini adalah lebih baik, agar lebih siap menghadapi tantangan ke depan yang semakin tidak ringan.
Beban Anggaran yang selalu mengikuti setiap penyelengaraan kegiatan Saka agar selalu dicarikan solusinya. Dukungan Pimpinan Saka dan Mabi dapat menjadi hal yang sangat berharga dan diharapkan.
Selanjutnya pada Generasi inilah, nantinya yang akan melanjutkan program program pembangunan di negara tercinta ini.

Yang kami hormati
Kakak-Kakak Andalan Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting.
Kakak-Kakak Pimpinan Satuan Karya se Kota Semarang.
Adik-Adik anggota Dewan Kerja Cabang dan Dewan Kerja Ranting yang saya banggakan

Selanjutnya dalam Rapat Koordinasi ini, diharapkan pula dapat memberikan sumbangan pemikiran, masukan berupa ide, gagasan baru maupun pengalaman dengan harapan bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kita sekalian.

Pada akhirnya kami sampaikan selamat bertugas, khususnya para Pengurus DKC dan Pengurus Ubaloka dan merapatkan barisan dalam rangka Rapat Koordinasi di pagi ini.
Terima kasih atas perhatian Kakak dan adik sekalian.

Salam Pramuka.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ketua Kwartir Cabang Kota Semarang,

Drs. MUCHATIF ADI SUBRATA, M.Si.
NTA : 1133001001

No Comments

No Comments so far ↓

There are no comments yet...Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment