Piwara

Pusat Informasi dan Warta Pramuka Kwartir Cabang Kota Semarang

Sambutan Ka Kwarcab.(Pembukaan KMD IKIP PGRI Semarang)

SAMBUTAN
KETUA KWARTIR CABANG
KOTA SEMARANG
PADA ACARA PEMBUKAAN
KURSUS PEMBINAN MAHIR DASAR ( KMD )
KE 91 TAHUN 2007
BAGI MAHASISWA IKIP PGRI SEMARANG

Assalamu’alaikumn Wr.Wb.
Salam sejahtera bagi kita sekalian,
Salam Pramuka!

Yang kami hormati
Rektor IKIP PGRI Semarang beserta Civitas akademika.
Kakak kakak Andalan dan Pelatih Kwartir Cabang Kota Semarang.
Kakak kakak Pembina dan tamu undangan.
Serta Para Peserta Kursus Pembina Mahir Dasar yang kami banggakan.

Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita sekalian sehingga kita dapat bersama-sama pada hari ini, dalam rangka penyelenggaraan Kursus Pembina Mahir Dasar bagi Mahasiswa IKIP PGRI Semarang ke 91 tahun 2007.

Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita selalu berupaya meningkatkan kualitas pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman yaitu satu diantaranya melalui kegiatan Pendidikan Kepramukaan.
Seperti yang tercantum dalam visi dan misi Gerakan Pramuka, yakni Gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi handal masalah masalah kaum muda. Problematika generasi muda saat ini sangatlah komplek, apalagi dengan perkembangan tehnologi yang semakin cepat. Untuk itu adalah harapan kita bersama bahwa generasi mendatang harus dibekali tidak saja ilmu pengetahuan saja tetapi juga mental, dan moral yang baik. Di masa mendatang, generasi muda adalah penerus perjuangan bangsa, penerus pembangunan di negeri ini.

Kakak kakak Pembina dan para tamu undangan yang berbahagia,

Penyelenggaraan Kursus Pembina merupakan salah satu wujud upaya Gerakan Pramuka dalam ikut serta mempersiapkan Generasi muda menjadi generasi yang berwatak, bemoral serta memiliki budi pekerti luhur.
Suatu kebijakan yang sangat trategis, apabila para calon pendidik dibekali pula dengan ketrampilan dan pengetahuan di bidang kepramukaan. Karena pada dasarnya Pembina adalah juga pendidik yang diharapkan lebih mampu dalam membimbing dengan penuh cinta kasih, suka dan rela dengan pola pendekatan antara Kakak dan adik. Pola Pendidikan tersebut belum tentu ada di dalam pendidikan formal dan non formal lainnya.
Untuk itu kami mengajak kepada seluruh peserta Kursus pembina, hendaknya dengan sungguh sungguh mengikuti kegiatan ini dengan sebaik baiknya, penuh dengan rasa tanggung jawab baik sebagai seorang mahasiswa yang memiliki intelektual yang tinggi maupun sebagai seorang calon pendidik yang nantinya berhadapan dengan dunia pendidikan yang saat ini dituntut mampu menjawab tantangan di masa yang akan datang.

Kakak Kakak Pembina, Para peserta Kursus dan tamu undangan kami hormati,

Penyelenggaraan kursus ini memiliki nilai fungsi strategis, selain mempersiapkan pembina yang handal dan profesional, yang nantinya akan berhadapan langsung dengan peserta didik juga sebagai upaya kita dalam menciptakan adanya perubahan sikap yang lebih baik bagi para peserta kursus.
Para Pembina adalah ujung tombak dalam Pendidikan Kepramukaan di Gugus Depan, mereka akan menjadi tauladan dan idola bagi peserta didiknya, untuk itu manfaatkan kegiatan kursus sebagai upaya peningkatan Kwalitas diri, mampu memotivasi diri untuk lebih baik daripada hari kemarin.

Akhirnya, kami ucapkan selamat mengikuti kursus,
dan dengan mengucapkan Bismillahi Rohmanirohim, Kursus Pembina Mahir Dasar ke 91 bagi Mahaiswa IKIP PGRI, dinyatakan resmi dibuka.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridloi upaya kita dalam rangka membentuk kader bangsa, patriot pembangunan yang memiliki jiwa bela negara. Amin.

Sekian dan terima kasih,
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Salam Pramuka.

Semarang, 13 Pebruari 2007.

Gerakan Pramuka
Ketua Kwartir Cabang Kota Semarang.

Drs. Muchatif Adisubrata, M.Si.
NTA. 1133001001